Trip : Hybrid Power Plant, Bantul

 

Beberapa minggu yang lalu saya melakukan trip dadakan ke Bantul. Tadinya saya hanya berencana ke Kota Jogja untuk mengambil dokumen penting dan sepertinya saya tergoda melakukan trip dadakan setelah saya menikmati makan siang sate klatak di kawasana Bantul. First time buat saya menikmati sate klathak yang katanya sih enak. Kalo orang bilang belum ke Jogja kalo belum menikmati sate klathak. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate klatak tidak menggunakan tusuk dari batang bambu melainkan jeruji besi sepeda. Jeruji besi berfungsi sebagai penghantar panas yang baik membuat daging matang hingga ke bagian dalam. Keunikan lainnya terletak pada bumbunya. Kalau biasanya sate kambing berbumbu kecap atau sambal kacang, sate klatak hanya menggunakan taburan garam dengan sedikit ketumbar. Buat saya sendiri kurang cocok makan sate klathak karena saya lebih senang dengan makanan berbumbu kuat.

Di tengah perjalanan setelah menikmati makan siang, saya melihat petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Baru. Pantai Baru, saya asing mendengar nama Pantai Baru. Karena penasaran, akhirnya saya memutuskan kesana. Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Ngentak, Poncosari. Akses menuju Pantai Baru pun sangat mudah, jalan menuju Pantai Baru sudah beraspal dan mudah ditemukan petunjuk jalanSepanjang perjalanan saya terheran melihat pertanian modern di desa inimeskipun tanah berpasir tanaman padi dan sayur-sayuran tumbuh di sepanjang pantai.

Tak menyesal akhirnya memutuskan trip dadakan ke Pantai Baru, selain bisa menikmati sunset saya juga bisa menikmati wisata edukatif Hybrid Power Plant atau Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Walaupun sewaktu di ini kami tidak ditemani seorang guide, melihat tower-tower kincir angin yang tinggi sudah cukup membuat saya penasaran untuk mencari referensi dan informasi sendiri tentang PLTH.

Hybrid Power Plant atau Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) merupakan salah satu inovasi salah satu energi terbarukan dengan menggambungkan dua atau lebih sistem sumber energi yang berbeda. Untuk di Pantai Baru sendiri dikembangkan Hybrid Power Plant bertenaga sel surya (photovoltaic) dan tenaga angin/bayu. Melihat berjejer-jejer tower kincir angin membuat saya senang dan terkagum. Kagum karena akhirnya saya bisa melihat sendiri keberadaan salah satu energi terbarukanPLTH di Pantai Baru. Saya senang karena akhirnya energi terbarukan sudah ada dan terealisasi di daerah berpotensi seperti di kawasan pantai. Kawasan pantai dipilih sebagai tempat proyek pengembangan energi terbarukan PLTH karena Pantai Baru berpotensi dengan keberadaan angin kecepatan tinggi dan sinar matahari yang selalu ada sepanjang hariArtinya ketergantungan dan konsumsi listrik PLN di kawasan ini menjadi berkurang. Walaupun belum keseluruhan setidaknya PLTH di Pantai Baru sudah menjadi salah satu wilayah percontohan pemanfaatan energi terbarukan. Menurut informasi, PLTH di Pantai Baru sudah dioperasikan sejak tahun 2010 dan sekarang keberadaan PLTH dengan 33 tower turbin mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat sekitar. Output listrik yang dihasilkan dari PLTH digunakan masyarakat untuk berbagai sektor mulai penerangan jalan, pembuatan es dan budidaya perikanan dan pertanian. Hal ini terbukti dengan adanya pertanian dan perikanan modern serta akses jalan beraspal dan lengkap dengan penerangan menuju Pantai Baru. Bahagia sekali melihat sendiri PLTH itu ada dan berkembangapalagi keberadaan PLTH memberikan dampak yang baik bagi masyarakat seprti halnya di Pantai Baru meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Betapa menyenangkan sekali yaaa membayangkan tahun-tahun ke depan masyarakat Indonesia tidak lagi bergantung pada listrik PLN dan bisa memproduksi listrik bersumber dari energi terbarukan dan ramah lingkungan seperti PLTH di Pantai Baru.

Trip dadakan kali ini sungguh lengkaaaaaap adanya smileysmiley Baru saja saya sampai di Pantai Baru.. saya langsung bisa menikmati sunset dan malam harinya setelah melihat-lihat PLTH saya disuguhkan blue moon yang sangat indah sekali. Walaupun keterbatasan alat dokumentasi saya tidak bisa mengabadikan moment indah itu. Keindahan sunset dan blue moon tak kalah menarik diabadikan oleh mata dan memori kepala saya. Yang jelas kenangan selalu lebih menarik dibandingkan sekedar gambar dokumentasi cheeky. huehehehe


 

Facebook comments