Sunrise Trip – Punthuk Setumbu Hill

 

Obyek wisata Candi Borobudur adalah wisata candi yang tak pernah habis oleh waktu. Candi Budha terbesar di dunia ini menawarkan wisata sunrise dari top level candi. Selain sunrise dari atas Candi Borobudur, salah satu spot terbaik dari kawasan wisata Borobudur untuk menikmati sunrise adalah dari atas bukit Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, tak begitu jauh dari Candi Borobudur.

Sekitar empat bulan lalu, setelah saya menyelesaikan revisi ujian, saya berencana refreshing sejenak dengan menikmati sunrise. Saya memutuskan memilih sunrise di Puthuk Setumbu karena sunrise di Punthuk Setumbu sebelumnya pernah diulas oleh media cetak nasionalKompas. Saya dan teman saya memutuskan berangkat menuju Punthuk Setumbu dari Kota Jogjakarta. Perjalanan yang saya tempuh kira-kira satu setengah jam dari kota Jogja. Kami sampai di sana kira-kira pukul tiga pagi. Karena hari masih gelap kami memutuskan beristirahat dan menikmati teh hangat sejenak di sebuah warung gubug, di kawasan Punthuk Setumbu. Pukul setengah lima pagi kami memulai perjalanan naik ke puncak bukit. Tiket untuk satu orang hanya 35 ribu rupiah saja per orang (sesuai dengan kantong mahasiswa..hehe).

Punthuk Setumbu memiliki ketinggian sekitar 400 mpdljadi tidak begitu tinggi bagi wisatawan yang belum punya pengalaman mendaki seperti saya. Jangan lupa untuk kamu yang berencana ke Punthuk Setumbusiap sedia lampu senter untuk penerangan ketika menapaki jalan setapak menuju ke puncak bukit. Kurang lebih 20 menit kami sampai di puncak bukit Punthuk Setumbu. Hari masih gelap tetapi dari puncak kami sudah disuguhkan pemandangan indahnya lampu kota tampak dari atas bukit. Pemandangan kelap-kelip lampu seperti bintang begitu indah. Ditambah dingin melengkapi kesyahduan waktu itu dari atas puncak.

Tak lama kemudian semburat oranye sedikit demi sedikit mulai keluar dari balik Gunung Merapi dan Merbabu. Begitu luar biasa indahnya lansekap yang disuguhkan dari puncak Punthuk Setumbu ini. Kondisi cuaca yang dingin dan kabut yang muali turun menambahkan keindahan tersendiri. Saat itu cuaca agak sedikit mendung, jadi kami tidak bisa melihat matahari terbit seperti bola. Tapi menikmati keindahan sunrise dengan latar belakang Candi Borobudur dan Gunung Merapi-Merbabu yang dibalut kabut sudah cukup membuat saya bahagia. Selain itu, melihat perbukitan hijau yang mengelilingi area Punthuk Setumbu menambah rasa syukur saya bisa menikmati lansekap yang begitu indah dan lengkap. Begitu indah, menyejukkan dan menentramkan.

Bagi saya, wisata sunrise ke Punthuk Setumbu adalah sisi lain menikmati sunrise di kawasan wisata Borobudur. Wisata sunrise ini tiada duanya karena saya bisa menikmati keindahan sunrise, kabut, perbukitan hijau dan Candi Borobudur dari atas puncak dalam satu frame.

 

Facebook comments