Piknik Asik sekaligus Hemat : Pantai Ngobaran, Nguyahan dan Ngrenehan

Libur akhir tahun kemarin kami sekeluarga liburan ke pantai. Tidak biasanya kami berliburan setelah perayaan Natal. Kebetulan setiap Natal rumah kami selalu dikunjungi saudara jadi cukup riweh melakukan trip jalan-jalan ke tempat yang cukup jauh dari Solo. Tujuan liburan dadakan kali ini sesuai request sepupu yang memang pengin ke pantai.

Setelah browsing dan melihat beberapa review, kami akhirnya memutuskan ke Pantai Ngobaran, yang katanya pantai Balinya Yogyakarta.

Perjalanan ditempuh dari Kota Solo ke Kota Yogyakarta selama 2 jam. Kami menginap di kota Yogya dan jam 3 pagi kami bangun untuk mempersiapkan bekal sarapan. Kami memang sengaja membawa bekal menu sarapan dari rumah supaya lebih hemat. Kami memanfaatkan bahan-bahan yang tersisa di kulkas dan jadilah menu sarapan mie telur goreng, sambel goreng kentang, oseng kacang panjang dan telur goreng. Ditambah nasi putih pulen. Buat saya menu sarapan ini sudah sangat nglawuhi!

Kami berangkat pukul 6 pagi dan sampai di Pantai Ngobaran pukul 9. Cukup murah tiket masuk ke pantai, hanya Rp 3.000,00 saja per orang. Itupun sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Ngrenehan dan Nguyahan.

Ketika memasuki kawasan Pantai Ngobaran, saya langsung tertuju pada gapura khas seperti yang ada di candi atau semacam Pura. Tada! Langit cerah biru langit cerah dan laut mendominasi warna pemandangan di Pantai NgobaranJangan dibayangkan ketika kamu berkunjung ke Pantai Ngobaran kamu bisa berlarian ke pasir pantai. Bibir pantai Pantai Ngobaran berupa tebing batu yang cukup tinggi. Jadi kita bisa selayang pandang menikmati laut dari atas tebing. Ditambah lagi kami bisa duduk-duduk santai di lincak sambil menikmati sarapan nasi pincuk yang sudah kami siapkan sebelumnya. Bercengkrama bersama keluarga sambil menikmati sarapan serta angin pantai pagi itu jelas momen langka yang bisa saya nikmati karena tidak akan kembali terulang ketika pulang ke Solo.

(akses tangga turun ke Pantai Ngobaran)

(Pantai Ngobaran nampak dari atas - foto diambil oleh sepupu saya @anyaagatha)

Selesai makan, saya mencoba bereksplorasi menuruni tebing pantai. Cukup mudah akses ke sana karena sudah tersedia tangga-tangga permanen. Di bawah tebing saya bisa menikmati deburan ombak pantai di antara karang-karang. Di pantai ini tidak bisa untuk berenang karena medannya berupa karang bukan pasir pantai. Sayang saya tidak bisa bereksplorasi ke candi di Pantai Ngobaran yang konon adalah Pura. Saya tidak ingin melewatkan momen bersama bapak ibu berliburan ke pantai dan saya memang memilih tidak mengeksplor sendiri lebih jauh dan lebih memilih berbincang dengan bapak ibu. Di sisi lain karena saya takut beliau berdua kecapekan jika terlalu banyak berjalan. Berharap next time bisa ke tempat ini dan mengeksplor lebih banyak.

Tak jauh dari Pantai Ngobaran, kira-kira berjarak 100 meter saya menemukan pantai lagi!

 

Pantai Nguyahan namanya. Lokasinya kira-kira 5 menit dari Pantai Ngobaran ditempuh dengan berjalan kaki. Kontras dengan Pantai Ngobaran yang bertebing, di Pantai Nguyahan saya langsung bisa melihat pasir pantai yang luas dan tenda payung berwarna-warni. Sembari menunggu sepupu berenang, saya menikmati segarnya air degan yang bisa dijajakan di warung-warung pinggir pantai.

Selepas puas berenang di Pantai Nguyahan, kami langsung menuju lokasi pantai selanjutnya.

Kebetulan waktu itu jam makan siang, jadi kami memutuskan membeli ikan di Pantai Ngrenehan, 15 menit dari Pantai Ngobaran jika ditempuh dengan kendaraan motor. Pantai Ngrenehan merupakan pantai nelayan. Di sana banyak dijajakan olahan ikan tangkapan nelayan setempat. Harga ikan cukup murah dan dijamin ikan segar karena langsung dibeli di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di sana dan kamu bisa request sekalian untuk dimasak langsung, entah asam manis, bakar ataupun goreng. Cukup membayar ongkos masak 5000 saja. Santap siang yang murah.. hihi. Karena masih ada sisa bekal nasi dan lauk sarapan jadi kami membeli satu porsi ikan cakalang bakar (1 porsi = 1 kg ikan) dan beberapa keripik ikan. 

 

Sangat puas sekali liburan ke pantai kali ini... Di satu lokasi yang sangat-sangat berdekatan kami bisa mengunjungi 3 pantai sekaligus tentunya dengan keunikan dan keindahan yang berbeda. Ternyata trip menyenangkan bisa dibuat hemat dan kami bisa mewujudkannya. Next time kami bisa piknik hemat lagi berbanyak orangbersama keluarga.

Kalau kamu berkunjung ke salah satu pantai ini, jangan lewatkan mengunjungi pantai-pantai di dekatnya. Sayang sekali untuk dilewatkan :)

Blog_entry: 

Facebook comments